2016/11/08

Apakah Ada Yang Lebih Dari Sakitnya Patah Hati?

Berbicara soal patah hati, aku yakin setiap makhluk dimuka bumi ini pernah merasakan yang namanya patah hati. Patah hati tidak melulu mengenai tentang seseorang yang kau cintai, tapi banyak hal yang membuat kita bisa patah hati. Lalu darimana asal patah hati itu berasal? Dan kenapa dinamakan patah hati? Baiklah, aku akan coba uraikan sepengetahuanku. 

Sebelumnya aku ingin mendefinisikan dulu apa itu patah hati menurutku. Patah hati adalah suatu perasaan yang timbul akibat dari rasa kekecewaan yang teramat dalam terhadap apapun yang kita harapkan yang mengakibatkan ada rasa nyeri pada dada dan lama-kelamaan akan menguar menjadi air mata. Patah hati sendiri berasal dari hal yang teramat sederhana namun menyakitkan. Ketika kita berharap terlalu banyak, percaya terlalu teramat, dan memaafkan terlalu sering sampai akhirnya ada titik dimana bahwa rasa itu tak bisa lagi di tolerir sehingga terjadilah patah hati. Pokok utama dari patah hati ini adalah ketika kekecewaan yang kau rasakan sudah tak dapat lagi kau sembunyikan. Lantas kalau demikian, mengapa dinamakan patah hati.  Aku tak banyak tahu bagaimana asal mula patah hati ini dan mengapa diberi nama demikian, tapi menurutku mengapa dinamakan patah hati karena hati adalah pusatnya perasaan dan ketika kekecewaan yang teramat dalam itu kau rasakan maka ada perasaan yang tak begitu mengenakkan terjadi. Ya demikianlah patah hati. 
Tapi patah hati setiap orang berbeda-beda, banyak hal yang dilakukan semua orang untuk mengobati patah hatinya atau malah lebih banyak menikmatinya. 

Patah hati bukan melulu soal kesedihan, tapi jika kita lebih bijak sebenarnya patah hati adalah sebuah pembelajaran dan pengalaman. Aku yakin dalam setiap patah hati yang ada akan ada kesadaran yang tercipta bahwa kita tak ingin lagi melakukan hal yang sama dan berusaha memperbaikinya. Lagipun pada era sekarang ini aku yakin patah hati kini bukan lagi mengenai hubungan dengan seseorang tapi juga bisa merambah pada bidang pekerjaan ataupun hal lainnya yang dirasa kau terlalu berharap banyak. 

Dalam tulisan yang amat singkat ini ada hal yang ingin kusampaikan, bahwa patah hati timbul karena kekecewaan. 
Jika kita mencintai ataupun berharap terlalu banyak pada seseorang atau suatu hal, jangan lupakan ada satu yang mesti kau jalankan beriringan, yaitu rasa kekecewaan karena jika nanti benar kekecewaan itu ada setidaknya kau audah mempersiapkan diri sebelumnya. 

Dan sekarang sudah tau sedikit tentang patah hati, lantas apakah ada yang jauh lebih sakit dari patah hati? Wow, pasti ini rasanya lebih menyakitkan.
Baiklah akan kubahas. 

Hal atau perasaan semacam ini bukanlah fase perasaan dalam parah hati tapi perasaan ini timbul ketika kau tiba-tiba mengetahui hal yang kau yakin tak terjadi tapi terjadi. Atau hal yang kau yakin terjadi tapi kau berpura-pura untuk tak mau tahu sampai akhirnya kau melihat sendiri hal tersebut. 
Perasaan semacam ini memang tak enak, lebih-lebih kau masih harus bersikap biasa saja. 
Untuk hal semacam ini, kekuatan hatlah yang diuji apakah kau mampu membawanya biasa saja atau kau malah terjerumus kedalam perasaan ini. 
Balik lagi, intinya adalah jangan berharap terlalu besar dan jika juga ingin berharap jangan lupa menyisipkan perasaan kecewa disana. 

Well, demikian dulu deh tulisan yang ga terlalu penting ini semoga kita terhindar dari segala patah hati yang ada. Dan kalaupun nanti menghampiri, percaya saja bahwa dibalik patah hati akan ada kebahagiaan menanti asal kita mau belajar darinya bukan malah mendalaminya. 
Selamatkan hati pada hal yang kau tak benar meyakininya tapi berusaha untuk memakluminya. Hati itu hanya 2kg, tapi perasaan menurutku tak ada ukurannya. 
Semoga kita orang-orang yang berada pada kelapangan hati. Daan yang terpenting adalah jika patah hati itu tersenyumlah. 

Now playing: Adele - All I Ask 

Nacht! 

Tidak ada komentar:

Tidak Apa-Apa Jika Sendiri

Tulisan ini tercipta saat saya sedang menunggu masuk ke sebuah studio untuk menonton. Hari ini tanggalnya cantik sangat bahagia melihat ora...