2017/07/16

Jalan - Jalan di RTH Putri Kaca Mayang


RTH merupakan singkatan dari Ruang Terbuka Hijau yaitu suatu bentuk pemanfaat lahan yang diperuntukkan untuk penghijauan tanaman (sumber: wikipedia)

RTH hampir sama seperti taman pada umumnya, ditempat ini bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk keluarga bermain atau untuk para muda-mudi berkencan, atau bisa juga dijadikan untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya RTH Putri Kaca Mayang.

RTH Putri Kaca Mayang terletak di Kota Pekanbaru persisnya di Jl. Sudirman yang berseberangan dengan Bank Indonesia. RTH ini berluas 1 ha yang terdiri dari beberapa spot yang menarik. Mulai dari tempat duduk seperti jamur, taman, jembatan, toilet, pos penjagaan, dan arena teater.

Tapi sayang, ketika pagi ini saya berkunjung kesana yang menjadi daya tarik pertama saya adalah sampah bertebaran dimana-mana padahal banyak tong sampah yang disebar ditempat ini. Sungguh disayangkan tempat yang seharusnya menjadi tempat cuci mata malah dirusak dengan kantong-kantong plastik dan bungku makanan serta minuman disetiap bagiannya. Padahal kalo kita sama-sama saling menjaga tempat ini akan menjadi salah satu spot favorit bagi orang-orang Pekanbaru.
Meskipun ada petugas kebersihan yang akan membersihkan tapi diri kita masing-masing pasti punya kewajiban untuk itu bukan.

"Kebersihan adalah sebagian dari iman". Berarti bagi kaum yang masih membuang sampah sembarangan tidak memiliki sebagian iman mereka. Ini merupakan hal kecil tapi akan menjadi bermakna apabila kita menyadari bahwa hal kecil ini sangat penting.

Jadi, teruntuk yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya jangan hanya menjadi penghancur apa yang sudah ada tapi mulailah menjadi orang-orang yang menjaga lingkungannya. Jika kaki berat melangkah ke tong sampah maka simpanlah sampah dalam tas dahulu. Tidak ada yang sulit dalam menjaga, kecuali kita benar-benar tidak peduli terhadap itu.

Oya waktu kunjungan terbaik kesini itu enaknya pagi kalo nggak senja sama malam. 

Semoga ini dapat sedikitnya menyadarkan bagi kaum tersebut.

Tidak ada komentar:

Tidak Apa-Apa Jika Sendiri

Tulisan ini tercipta saat saya sedang menunggu masuk ke sebuah studio untuk menonton. Hari ini tanggalnya cantik sangat bahagia melihat ora...